Berita

FOCUS GROUP DISCUSSION PEMBINAAN FUNGSIONAL KECAMATAN

Mataram – Kecamatan memiliki peranan dalam penyelenggaraan pelayanan publik, sekaligus menjalankan fungsi kontrol atas pelayanan publik yang dilaksanakan pemerintah desa. Untuk itu pembinaan secara struktural terhadap Kecamatan sangatlah diperlukan oleh Pemerintah Kabupaten/ Kota sedangkan pembinaan secara fungsional dilakukan oleh Pemerintah Provinsi, melalui Gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat yang memiliki kewenangan dalam melaksanakan pembinaan dan pengawasan kepada Kecamatan.

Berkaitan dengan hal tersebut Biro Pemerintahan Setda Provinsi Nusa Tenggara Barat menggelar Focus Group Discussion (FGD) Pembinaan Fungsional Kecamatan pada hari Senin, 30 September 2019 bertempat di Ruang Rapat Biro Pemerintahan Setda Provinsi NTB yang dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Dra. Hj. B. Eva Nurcahya Ningsih, M.Si, yang dalam sambutannya menyambut positif program yang akan di laksanakan Biro Pemerintahan yang akan mermbentuk suatu wadah bernama Bale Beleq Kecamatan yang tujuannya untuk menjembatani para Camat terhadap program Pemerintah Provinsi NTB, misalnya tentang kesehatan, zero waste, perkawinan usia dini dan lainnya.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Kepala Biro Pemerintahan Setda NTB H. Irnadi Kusuma, S.STP, ME Bale Beleq Kecamatan ini merupakan instrumen yang akan membantu Pemerintah Provinsi dalam melaksanakan fungsi koordinasi, pembinaan dan pengawasan yang dimiliki oleh Gubernur yang bertujuan untuk memperpendek rentang kendali Gubernur selaku wakil pemerintah pusat ke kecamatan.

Ada 3 (tiga) aspek di dalam Bale Beleq Kecamatan ini :

1.  Forum Kecamatan merupakan media komunikasi dan konsolidasi dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan yang dilaksanakan oleh kecamatan.

2.  Dashboard Kecamatan merupakan sistem data dan alat analisis terpadu yang dapat meningkatkan efesiensi pematauan penyelenggaraan pemerintahan kecamatan.

3. Lomba Kinerja Camat untuk mengevaluasi serta meningkatkan kinerja kecamatan Hadir dalam FDG ini Kepala Dinas/ Intansi, Kabag. Pemerintahan Kabupaten/ Kota dan Para Camat, Perwakilan Kompak dan staf Biro Pemerintahan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close