Berita

Bimbingan Teknis Aplikasi SINGO Kemendagri dan Ekpose Program Ormas Asing Mitra Kemendagri Tahun 2021

Pusat Fasilitasi Kerja Sama (Pusfasker) Kemendagri RI bersama Bagian Kerja Sama Biro Pemerintahan dan OTDA Setda Prov. NTB melaksanakan Bimtek tentang SISTEM INFORMASI ORMAS ASING (SINGO) KEMENDAGRI DAN EKSPOS PROGRAM ORMAS ASING MITRA KEMENTERIAN DALAM NEGERI TAHUN 2021. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari jumat tanggal 19 Maret 2021 bertempat di Kila Hotel Senggigi yang dibuka oleh Sekda Prov NTB yang diwakili oleh Kepala BAKESBANGPOLDAGRI Prov NTB Bapak Lalu Abdul Wahid, S.H.,M.H.
Kegiatan Bimtek dihadiri oleh bagian yang membidangi kerja sama di kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Tengah dan Kota Mataram dan salah satu Ormas Asing yakni Islamic Relief Wordwide (IRW).
Pada kesempatan tersebut, Pusfasker Kemendagri RI memperkenalkan SINGO yang merupakan suatu aplikasi yang diperuntukkan bagi pelaksana Kerja Sama dengan tujuan untuk mengoptimalkan fasilitasi kerja sama, sekaligus mengukur keberhasilan pelaksanaan kerja sama dengan Ormas Asing.

Pada kesempatan tersubut IRW juga menyampaikan rencana kerja tahunan pelaksanaan kegiatan mereka di wilayah Provinsi NTB di tahun 2021 sekaligus penandatanganan dokumen Rencana Kerja Tahun 2021 , yang terdiri dari beberapa kegiatan yakni :
1. Pemberian dukungan keuangan secara rutin bagi anak yatim dari keluarga miskin untuk mendukung pendidikan dan kesehatan.
2. Pemberian dukungan kegiatan mata pencaharian untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat miskin, terutama yang berkepala keluarga perempuan melalui dukungan usaha budidaya jamur, kerajianan tenun dan microfinance syariah, pelatihan-pelatihan, serta dukungan usaha mikro dan kecil melalui mekanisme kelompok dana bergulir.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di wilayah di kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Tengah dan Kota Mataram dengan total bantuan dana sebesar Rp. 11.000.000.000,- lebih.

#biropemntb
#pemprovntb
#ntbgemilang

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close